Tim MotoGP Bisa Habiskan 1,5 Miliar di Setiap Kecelakaan Pembalap

Posted by

Ilustrasi

CSD – MotoGP adalah salah satu olahraga termahal di dunia. Perputaran uang yang terjadi dalam lomba kuda besi itu mencapai angka yang fantastis. Bahkan, untuk sekadar menangani kecelakaan, biaya yang harus dikeluarkan begitu besar.

Untuk olahraga seperti MotoGP, kecelakaan menjadi sesuatu yang sangat akrab. Hampir di setiap seri selalu ada pembalap yang mengalami kecelakaan atau sekadar terjatuh. Apalagi jika balapan harus berlangsung di lintasan basah.

Kepala Teknik LCR Honda, Christophe Bourguignon, mengungkap sebuah fakta menarik yang menjadi bukti betapa mahalnya MotoGP. Dalam wawancara bersama The Telegraph, ia mengungkapkan mahalnya biaya yang harus dikeluarkan tim MotoGP.

“Kecelakaan bisa menghabiskan antara 15.000 euro (Rp 236,3 juta) dan 100.000 euro (Rp 1,57 miliar). Kecelakaan yang hanya menghabiskan 2.000 euro (Rp 31,5 juta). Jika beruntung, kami hanya perlu mengganti beberapa bagian,” kata Bourguignon.

Bahkan, hanya untuk satu set rem karbon, tim MotoGP harus merogoh kocek hingga 10.000 euro (Rp 157,5 juta). Jika motor terjatuh di area kerikil dan ada serpihan batu di cakram, tim harus menggantinya dengan yang baru karena cukup berisiko.

Selain rem, komponen lain yang begitu rawan rusak adalah velg. Untuk velg magnesium bisa seharga 4.000 euro (Rp 62,8 juta). Sayangnya, ban Michelin tak seperti Bridgestone yang melindungi velg jika terjadi kecelakaan.

 

 

 

Sumber : Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*