Tes Darah Terbaru Bisa Deteksi 8 Jenis Kanker

Posted by

Ilustrasi

CSD – Semakin canggihnya teknologi medis, membuat seseorang mudah mendeteksi satu penyakit. Contohnya, deteksi penyakit kanker dengan tes darah yang mulai dikembangkan.

Skrining kanker dengan tes darah diklaim aman untuk mengetahui beberapa jenis tumor. Cara ini menjadi diagnosis baru bagi seorang pasien yang menderita penyakit mematikan itu.

Associate Professor di Institut of Medical Research Jeanne Tie mengatakan, dengan melakukan tes darah, seseorang bisa mendeteksi 8 jenis penyakit kanker. Pastinya cara ini lebih menguntungkan, karena membuat pasien segera waspada.

Tes baru ini akan membantu deteksi dini kanker yang mempengaruhi bagian organ tubuh yang vital. Antara lain yakni kanker ovarium, kanker hati, kanker perut, kanker pankreas, kanker kerongkongan, kanker usus, kanker paru-paru dan kanker payudara

“Tes skrining ini aman untuk beberapa tipe tumor yang bisa dilakukan oleh masyarakat,” Jeanne Tie, dilansir Zeenews, Selasa (23/1/2018).

Untuk pertama kalinya, tes skrining dilakukan pada diagnosis dini dan meningkatkan hasil baik, yang membuat pasien bertahan hidup. Karena rata-rata tumor yang menyebar jadi kanker bisa berkontribusi menyebabkan kematian dini.

Sementara itu, ada tingkat kelangsungan hidup kanker secara langsung terkait dengan seberapa jauh penyakit ini pada pasien selama diagnosis. Berarti ada tes darah yang dapat mendeteksi penyakit dengan akurat sebelum gejala tersebut segera muncul.

Karena selama ini, menurut Tie, masih belum ada tes skrining yang efektif untuk banyak jenis tumor mayor. Tes yang tersedia hanya bisa dilakukan untuk deteksi satu jenis kanker saja.

“Tes darah biasanya digunakan untuk mendeteksi penyakit ringan. Tapi kali ini bisa digunakan untuk penyakit semacam kanker,” terangnya.

Tes darah baru, yang dilaporkan dalam jurnal Science, menampilkan protein utama dan mutasi gen yang menunjukkan adanya kanker. Cara ini mampu mendeteksi tumor pada pasien pada tahap awal kondisi sekira 70% kasus penyakit.

Di negara-negara maju, tes darah untuk deteksi dini penyakit kanker tengah dikembangkan. Masyarakat begitu antusias menyambutnya, karena tergolong menguntungkan.

Dengan tes darah, seseorang jadi tak enggan untuk melakukan skrining penyakit kronis sejak dini. Namun, bagaimanapun juga, Anda harus menjauhi risiko munculnya penyakit mematikan itu, dimulai dengan melakukan gaya hidup sehat.

 

 

 

Sumber : Okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*