Terpakir Selama 35 Tahun, Jetstar Raja Rock n’ Roll Terjual Rp 5,7 Miliar

Posted by
Jet Elvis Presley. ©AP

Jet Elvis Presley. ©AP

CYBERSULUTdaily.COM – Meski sudah terpakir bertahun-tahun, barang-barang peninggalan mendiang Elvis Presley masih laku. Buktinya, pesawat Lockheed Jetstar buatan 1962 dulunya kerap dipakai sang Raja Rock n’ Roll itu dilepas USD 430 ribu, atau lebih dari Rp 5,7 miliar dalam sebuah lelang.

Burung besi itu terjual dalam lelang digelar oleh GWS Auctions Inc., di Negara Bagian California, Amerika Serikat, Sabtu (27/5) kemarin. Namun, penyelenggara menolak membeberkan identitas pembeli.

Dilansir dari laman BBC, Minggu (28/5), perwakilan perusahaan pelelangan, Brigitte Kruse, menyatakan pesawat itu sudah teronggok selama 35 tahun di Lapangan Udara Roswell, Negara Bagian New Mexico. Bagian luarnya juga nampak diselimuti karat. Bahkan mesinnya juga sudah raib. Kursi di kokpit dan beberapa panel instrumen juga mesti diperbaiki. Namun, di bagian penumpang masih nampak cukup baik.

Sisa-sisa selera Elvis masih terlihat. Di antaranya panel kayu yang diberi warna emas. Kelir merah mendominasi pelapis kursi penumpang hingga karpet. Pesawat itu dipunyai Elvis dan sang ayah, Vernon Presley.

Hanya saja sempat terjadi perdebatan soal desain interior pesawat itu. Seorang pemilik sebelumnya, Roy McKay mengatakan, kelir dan desain saat ini adalah hasil karyanya. Menurut dia, sebelumnya warna di dalam pesawat itu hanya abu-abu. Namun, Juru Bicara GWS Auctions, Carl Carter, meyakini desain tidak berubah sejak Elvis pertama kali membelinya.

“Lembaga Penerbangan Federal menyatakan tidak pernah menerima data pengubahan interior pesawat itu,” kata Carl.

Elvis lahir di Tupelo pada 8 Januari 1935, kemudian pindah ke Memphis pada umur 13 tahun. Dia kemudian menjadi tenar di skena Rockabilly. Apalagi setelah menyanyikan kembali lagu Hound Dog karya Big Mama Thornton dan That’s All Right karya Arthur Crudup.

Elvis juga dikenal dengan gaya menarinya. Beragam tembangnya juga mencetak hit di tangga lagu. Dia lantas didapuk menjadi ikon budaya abad ke-20. Dia tutup usia pada umur 42 lantaran serangan jantung, pada 16 Agustus 1977.

 

 

 

 

(Sumber : merdeka.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*