Survei Indo Barometer, Anies Kalahkan Agus & Ahok Bursa Cawapres 2019

Posted by

Anies-Agus-Ahok

CSD – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan masuk bursa calon Wakil Presiden (cawapres) di Pilpres 2019 berdasarkan hasil survei Indo Barometer. Anies mendapatkan persentase suara tertinggi dengan 10,5 persen.

“Dari pertanyaan terbuka calon wakil presiden, Anies Baswedan mendapat 10,5 persen,” kata Direktur Indo Barometer Muhammad Qodari saat memaparkan hasil survei nasional ‘Siapa Penantang Potensial Jokowi di 2019’, di Jakarta, Minggu (3/12).

Setelah Anies, nama-nama yang masuk dalam bursa cawapres adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 9,6 persen, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan 9,6 persen dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dengan 9,6 persen.

Lalu dilanjutkan dengan posisi Wali Kota Bandung Ridwan Kamil 5,4 persen, Presiden PKS Sohibul Iman 3,8 persen, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini 3,3 persen, mantan Panglima TNI Jenderal (Purnawirawan) Moeldoko 2,8 persen. Kemudian Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo 2,3 persen, AA Gym 2,1 persen, Menko PMK Puan Maharani 2 persen, Kapolri Jenderal Tito Karnavian 1,8 persen.

Kemudian Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar 1,7 persen, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi 1,1 persen dan Wakil Presiden dan beberapa nama lainnya seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 1 persen. “Dan nama-nama lain di bawah satu persen, ada Ahmad Heryawan, Sandiaga Uno, Setya Novanto, Ganjar Pranowo dan Ahmad Syaikhu,” ujar Qodari.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan pun ikut mengomentari masuknya nama AHY di dalam bursa cawapres di lembaga survei Indo Barometer. Menurutnya AHY merupakan sosok yang potensial untuk menjadi pemimpin.

“Menurut kita dia berada di jalurnya untuk menjadi pemimpin ke depan. Namun sampai hari ini, Partai Demokrat belum ambil keputusan apapun,” katanya menanggapi hasil survei Indo Barometer.

Bahkan, kata Hinca, AHY juga sudah mulai melakukan beberapa kunjungan ke delapan provinsi dan menghadiri berbagai acara kampus.

 

 

 

 

Sumber : merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*