Sosok Ira Koesno, Pemandu Debat Kandidat Cagub-Cawagub DKI 2017

Posted by
Dwi Noviratri Koesno

Dwi Noviratri Koesno

CYBERSULUTdaily.COM – Namanya Dwi Noviratri Koesno. Orang biasa memanggilnya Ira Koesno. Ia menjadi bahan pembicaraan hangat setelah berhasil memandu acara debat perdana kandidat calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta 2017-2022 yang diselenggarakan di hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat pekan lalu.

Saat itu Ira tampil sebagai moderator. Gaya bicaranya yang lugas dan tegas dinilai banyak pihak bisa menjadikan debat pada malam itu tajam dan menarik. Kecantikannya juga disebut-sebut sebagai penyejuk di tengah panasnya debat.

Wanita cantik kelahiran Jakarta 30 November, 47 tahun lalu itu, dipercaya oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta untuk menjadi moderator karena pengalamannya yang pernah menjadi moderator dalam debat Calon Presiden pada 2004 lalu. Dilihat dari profilnya, setelah memandu debat capres pada 2004, Ira mundur dari dunia pertelevisian demi menekuni bisnis di bidang jasa komunikasi.

Dalam bidang pendidikan, Ira yang saat ini masih melajang tergolong haus ilmu. Setelah mengantongi gelar sarjana akuntansi, dia melanjutkan pada pendidikan master of arts bidang film dan produksi televisi dari Universitas Bristol, Inggris, dan lulus pada 2000. Setahun kemudian dia lulus master of arts bidang jurnalistik internasional dari Universitas Westminster, London, Inggris.

Ira mulai terjun ke dunia jurnalistik pada Februari 1996 menjadi penyiar di televisi swasta,SCTV. Ira tumbuh dan mengembangkan keahlian jurnalistiknya di SCTV selama delapan tahun.

Dwi Noviratri Koesno

Dwi Noviratri Koesno  (Foto : Istimewa)

Setelah masa tersebut, dia mundur dari dunia jurnalistik dan mulai menekuni dunia jasa strategi komunikasi terpadu dengan nama Irakoesnoproduction (IKPro) pada 2004.

Kemudian IKPro berubah namanya menjadi Irakoesnocommunications atau IKComm pada 2006. Perusahaan ini berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dalam profil perusahaan, IKComm di bawah naungan PT Bentangvisi Dinamika Utama. Perusahaan ini fokus pada penyediaan jasa Strategi Komunikasi Terpadu (Integrated Strategic Communications) dan peningkatan kepuasan para klien/pengguna jasa.

IKComm juga mengklaim memiliki tim manajemen yang profesional serta tenaga-tenaga handal di bidang media dan hubungan publik, dengan didukung oleh associate yang kaya pengalaman di bidang komunikasi dan hubungan masyarakat.

Ira Koesno saat tampil sebagai moderator dalam debat perdana kandidat calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta 2017-2022 yang diselenggarakan di hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat pekan lalu. Foto : Istimewa

Ira Koesno saat tampil sebagai moderator dalam debat perdana kandidat calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta 2017-2022 yang diselenggarakan di hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat pekan lalu. Foto : Istimewa

Perusahaan tersebut melayani jasa utama di antaranya, konsultan media dan hubungan masyarakat, kampanye publik, manajemen isu, hubungan dengan pemerintah, analisis risiko dan politik.

Selain itu, perusahaan juga punya jasa pendukung yakni jasa moderator dan pembaca acara, penyelenggaraan acara dan rumah produksi.

Setelah bisnisnya tertata, pada 2010 Ira menerima tawaran masuk ke tvOne untuk memandu talkshow bertajuk Satu Jam Lebih Dekat.

Pada 2014 lalu, si cantik yang haus akan ilmu ini juga sempat tampil sebagai panelis pembimbing dalam sebuah acara Olimpiade Indonesia Cerdas di RTV.

 

 

 

(Sumber : bintang.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*