Ratusan Tahun Dampingi Gedung Putih, Jackson Magnolia Mulai Menurun

Posted by

Gedung Putih dan pohon ikoniknya. (Foto: CNN)

CSD – Selama hampir 200 tahun, sebuah pohon yang diberi nama Jackson Magnolia selalu “dampingi” halaman selatan Gedung Putih saat difoto. Namun sayang, pohon tersebut dikabarkan menurun selama beberapa dekade. Selanjutnya, upaya melestarikannya dengan mengangkatnya dengan kabel dan mengisi lubang di dalamnya dengan semen belum berhasil. Karena itu, Gedung Putih mengumumkan pada 2017 bahwa ia akan memotong sebagian besar pohon bersejarah tersebut.

Jackson Magnolia adalah pohon yang ditanam oleh Andrew Jackson, presiden yang menanamnya pada 1829, selama tahun pertama menjabat. Magnolia dianggap sebagai pohon favorit almarhum istrinya, Rachel, yang meninggal sesaat setelah dia memenangkan pemilihan pada 1828. Untuk menghormatinya, dia memilih bibit Magnolia grandiflora (atau tanaman kecil) dari peternakan Tennessee mereka untuk dibawa ke Gedung Putih.

Sejak saat itu, Jackson Magnolia telah menjadi tokoh latar belakang yang dikenali dalam acara kepresidenan dan pemotretan. Departemen Keuangan bahkan menambahkan gambar pohon magnolia tersebut ke bagian belakang tagihan, di mana tetap bertahan sampai 1998.

Pohon Jackson Magnolia begitu ikonik hingga pada 2013, Barack Obama mengirim bibit dari pohon tersebut ke Israel sebagai “simbol kekuatan, ketekunan, dan harga diri,”.

Obama juga mengirimkan bibit pohon Magnolia Jackson ke Kuba pada 2015, tahun di mana Amerika Serikat memulihkan hubungan diplomatik dengan negara kepulauan tersebut.

Selain itu, Michelle Obama menyumbangkan salah satu bibit pohon itu ke taman milik masyarakat Departemen Pertanian selama dia menjadi ibu negara. Meskipun pohon Jackson Magnolia tidak akan bertahan selamanya, namun pohon tersebut akan tetap menjadi sejarah karena menjadi “pengusil” Gedung Putih saat difoto.

 

 

Sumber : Okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*