POGI Jabar Minta Dokter Hendy Siagian Menyerahkan Diri

Posted by

dokter2-131125-c

CYBERSULUTdaily.COM – Dokter Dewa Ayu Sasiary dan Hendry Simanjuntak kini mendekam di penjara setelah diputus Mahkamah Agung (MA) bersalah melakukan malapraktik di Manado, Sulawesi Utara. Satu nama masih dinyatakan buron hingga kini yaitu dokter Hendy Siagian.

Menanggapi masih buronnya Hendy, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Jawa Barat meminta yang bersangkutan menyerahkan diri.

dr Dewa Ayu cs yang diputus MA bersalah melakukan mal praktik.

dr Dewa Ayu cs yang diputus MA bersalah melakukan mal praktik.

“Kita mengimbau teman dokter yang belum ketemu (Hendy Siagian), lebih baik keluar, tidak usah takut,” kata Ketua POGI Jawa Barat, Yudi Mulyana, di Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/11/2013).

Menurutnya, kebenaran akan tetap tegak. “Kemanapun lari, kalau benar ya benar, kalau salah ya salah,” jelasnya.

Justru jika tidak menyerahkan diri, hal itu justru memicu pandangan negatif. “Jangan sampai kesannya merasa bersalah, takut. Kurang pas kalau teman sejawat kita menyembunyikan diri,” tutur Yudi.

Saat ini, rekan-rekan sesama dokter mayoritas yakin Ayu, Hendry, dan Hendy tidak bersalah. Mereka dinilai sudah melakukan penanganan pasien sesuai prosedur.

Meninggalnya pasien yang ditangani merupakan risiko medis, bukan kelalaian mereka. Oleh karena itu, saat ini POGI sedang mengupayakan peninjauan kembali (PK) untuk kasus itu.

Novum atau bukti baru pun disiapkan sebagai bahan untuk mengajukan PK. “Sudah disiapkan novumnya. Rencananya diajukan minggu depan,” tandas Yudi.(okz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*