Pesan Khusus Radiohead di Album Baru Hanya Bisa Dibuka Lewat Komputer

Posted by

OK Computer / Istimewa

CYBERSULUTDAILY.COM – Generasi 90-an mungkin sudah tak asing lagi dengan band asal Inggris, Radiohead. Kini, band yang memulai debut album perdananya pada 1993 itu baru saja meluncurkan edisi khusus dari salah satu album terbaiknya, OK Computer.

Namun yang sedikit berbeda dalam album yang rilis memperingati 20 tahun OK Computer ini dibekali sebuah pesan khusus. Uniknya, pesan khusus tersebut hanya dapat dibuka menggunakan komputer ZX Spectrum sebuah komputer 8-bit.

Dikutip dari The Verge, Minggu (16/7/2017), album baru berjudul OKNOTOK ini dibanderol dengan harga US$ 130 atau sekitar Rp 1,73 juta. Album ini sendiri terdiri dari vinyl 12 inci, buku dengan lebih dari 30 ilustrasi, dan sebuah kaset C90 klasik.

Saat memainkan kaset itulah akan terdengar suara ZX Spectrum yang tak seluruh orang mengetahuinya terkecuali dimainkan melalui emulator. Lantas, seorang pendengar menemukan pesan tersebut dan mengunggah videonya di YouTube.

Adapun pesan tersebut berisi tulisan, ‘Di dalam komputer mu terdapat..Thomas Yorke, Colin Greenwood, Jonathan Greendwood, Edward O’Brien, Philip Selway, Nigel Godrich, dan Stanley Donwood,” Dalam pesan itu juga tertulis 19 Desember 1996, yang menunjukkan waktu beberapa bulan setelah OK Computer dirilis.

Sebagai informasi, komputer ZX Spectrum memang sangat melekat dengan sosok gitaris dan keyboardis Radiohead, Jonny Greenwood. Alasannya, ia dikenal sudah cukup lama menggunakan komputer tersebut dalam proses pembuatan lagu.

Dalam sebuah wawancara, Greenwood menyebut memprogram musik dengan coding memungkinkan seseorang berpikir dengan sangat murni mengenai suara dan musik dengan apa adanya. Komputer ZX Spectrum sendiri merupakan komputer 8-bit yang rilis di Inggris pada 1982 oleh Sinclair Research.

Meski Radiohead merilis album ini dalam format lain, seperti CD, digital, termasuk streaming, pesan tersembunyi hanya tersedia pada paket khusus ini. OKNOTOK terdiri dari trek album asli, seperti ‘Karma Police’, ‘Paranoid Android’, ‘No Surprises’, dan tiga trek belum rilis serta delapan B-sides.

 

 

 

Sumber : liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*