Pergantian Panglima TNI, Fadli Zon Berharap TNI Jangan Jadi Alat Politik

Posted by

Fadli Zon

CSD – Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyatakan, pergantian Panglima TNI yang dilakukan Presiden Jokowi sudah waktunya dan tak perlu diperdebatkan. Meskipun Jenderal Gatot Nurmantyo baru pensiun Maret 2018, namun menurutnya pergantian yang dilakukan kurang lebih berjarak 3 bulan itu hal normal.

“Menurut saya memang sudah waktunya meskipun masih ada waktu 3 sampai 4 bulan sebelum Gatot pensiun. Tapi kan perlu persiapan pergantian dan konsolidasi,” kata Fadli Zon di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu 9 Desember 2017.

Fadli berharap, di tahun politik nanti yang sekaligus jadi tantangan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, TNI tetap bersikap profesional yakni tak terlibat politik praktis.

“Bahwa TNI ini alat negara dan kita tidak mau TNI jadi alat politik. Saya berharap pada Pak Hadi bisa menjadikan TNI alat negara,” harap dia.

Politikus Partai Gerindra ini berujar, jika TNI aktif ikut berpolitik praktis, maka kondisi politik nasional akan kacau. Sebab, bukan hanya menjaga kedaulatan negara, TNI justru akan sibuk bertarung di dunia politik praktis.

“Karena repot kalau alat negara berpolitik bakal kacau. TNI harus fokus pada tupoksinya dalam mindungi kedaulatan kita di laut, darat, udara, termasuk berperan di perairan yang menjdi permbicangan hangat misalnya laut China selatan,” ujar Fadli.

 

 

 

Sumber : Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*