Penuhi Permintaan Pembeli, Sulut Ekspor Kayu Meranti Pertama Kali ke Italia

Posted by

Ilustrasi

CSD – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk pertama kali mengekspor kayu meranti ke Italia. Langkah ini untuk memenuhi permintaan cukup tinggi dari pembeli negara tersebut.

“Kayu meranti asal Sulut yang diekspor ke Italia sebanyak 2,8 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar USD 2.633,” kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut, Darwin Muksin seperti ditulis Antara Manado, Sabtu (4/11).

Dia menjelaskan, untuk mengekspor kayu ke pasar Internasional khususnya dari Provinsi Sulut berbentuk olahan bukan lagi gelondongan kayu. “Untuk ekspor kayu semuanya dalam bentuk olahan,” tambahnya.

Dia mengatakan dengan adanya acara percepatan Sistem Verifikasi legalitas Kayu (SVLK) di Sulut, dapat mengurangi pencurian kayu. Melalui sistem ini produk dari kayu itu memang benar-benar legal betul, artinya bukan dari hasil curian.

Pemerintah, katanya, akan terus memfasilitasi agar semua produk unggulan Sulut bisa diekspor karena mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan pendapatan bagi negara.

Italia selain melakukan permintaan kayu, juga produk turunan kelapa, pala, dan hasil perikanan.

 

 

 

Editor : Beriel.L

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*