Pemerintah Irlandia Cabut Larangan Jual Minuman Alkohol Saat Hari Raya Keagamaan

Posted by

Ilustrasi

CSD – Pemilik bar di Irlandia boleh bergembira setelah larangan berjualan minuman alkohol pada hari raya keagamaan telah dicabut pemerintah.

Dengan pencabutan larangan yang sudah berlangsung selama 90 tahun itu, bar di seluruh Irlandia dapat menyajikan alkohol pada perayaan Jumat Agung mendatang.

Undang-undang tentang minuman keras pada 2017 tersebut menghasilkan suara bulat di parlemen Irlandia. Peraturan baru akan mulai diberlakukan pada Jumat Agung tahun ini yang jatuh pada 30 Maret 2018.

“Ini merupakan perubahan yang sangat signifikan,” kata Gilian Daly, dari asosiasi pedagang minuman anggur berlisensi di Dublin.

Menurutnya, pada rangkaian perayaan Paskah menjadi akhir pekan bagi turis untuk berbondong-bondong ke Irlandia.

“Banyak di antaranya datang ke bar Irlandia yang terkenal di dunia. Mereka pasti terkejut karena mendapati bar tidak buka waktu itu. Kami sudah lama menunggu ini,” ucapnya.

Donal O’Keeffe dari asosiasi pedangan minuman anggur berlisensi menyatakan kegembiraan menyambut perlakuan Jumat Agung seperti Jumat biasa lainnya.

“Potensi pendapatan bisa mencapai sekitar 30 juta euro (Rp 495 miliar) pada Jumat Agung saja,” katanya.

Jumat menjadi hari dengan jumlah penjualan yang naik signifikan karena hari itu mengawali liburan akhir pekan panjang.

“Jumat menjadi hari penjualan penting, kami hanya ingin agar buka. Kami tidak memaksa orang masuk ke bar kami,” ucapnya.

Namun, dia mengaku tidak akan buka pada perayaan Natal. Menurutnya, hari Natal merupakan momen istimewa bagi keluarga.

Menteri kesetaraan, imigrasi, dan integrasi Irlandia, David Stanton, mengatakan pembatalan larangan penjualan alkohol sekaligus pertana perubahan demografi sehingga meningkatkan keberagaman.

Gereja dan pemerintah Irlandia pernah begitu saling terkait sehingga ada aturan mengenai larangan cerai dan penggunaan kontrasepsi. Namun, kebijakan tersebut telah lama dihapus.

 

 

Sumber : kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*