Orang Terkaya Dunia Ini Jadi Incaran Hukuman Dari Donald Trump, Mengapa ?

Posted by

Jeff Bezos PHOTO: MIKE SEGAR/REUTERS

CSD – Jeff Bezos selaku CEO Amazon tampaknya harus waswas, sebab Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dikabarkan sedang mengincarnya.

Trump dikabarkan kesal dengan Amazon karena perusahaan itu dianggap mengganggu bisnis offline. Ia disebut khawatir bisnis-bisnis kecil terancam tutup.

Namun, belum jelas apakah tujuan Trump memang untuk memperkuat layanan pos dan melindungi bisnis kecil atau hanya sebagai upaya menghukum bos Amazon.

Pasalnya, diketahui bahwa Donald Trump kesal dengan The Washington Post, media yang dimiliki Bezos sejak 2013.

Dalam beberapa kesempatan, Trump menyebutkan The Washington Post sebagai penyebar berita palsu dan menyerang dirinya secara politik.

Trump baru-baru ini juga menuduh koran tersebut sebagai alat lobi dari Bezos, yang saat ini dikenal sebagai orang terkaya di dunia.

Dilansir The Washington Post, Jumat (4/6/2018), Frederick J. Ryan Jr. selaku penerbit dan CEO dari koran tersebut mementahkan tudingan Trump.

“Trump sepertinya melihat kepemilikan koran sebagai cara memberikan pengaruh. Jeff memahami nilai pers yang kuat dan independen,” ucapnya.

Ia menambahkan, Bezos tidak pernah mengajukan, mengintervensi, atau mengkritik berita, maupun mengatur editorial dan endorsement.

Trump sebelumnya mendamprat Amazon lewat Twitter dengan tuduhan merugikan layanan pos. Perusahaan jasa tersebut harusnya bisa menaikkan tarif agar mendapat untung besar.

Meskipun tuduhan yang pertama tidak tepat, tetapi layanan pos memang bisa saja menaikkan tarif untuk mendapat untung besar, dan Amazon akan terkena imbas besar.

Sejauh ini pihak Amazon belum mau memberikan tanggapan atas manuver yang dilakukan Donald Trump.

Lewat Twitter, Trump memang sudah biasa membalas serangan orang-orang yang dianggap menyebarkan berita palsu tentangnya.

Namun, perseturuannya dengan Amazon tergolong berbeda, karena sang presiden dikabarkan serius mencari cara untuk memberikan efek jera ke Amazon.

Posisi Jeff Bezos sebagai orang terkaya dunia nampaknya akan semakin sulit dikalahkan. Setelah meluncurkan supermarket tanpa kasir yang disebut Amazon Go, kekayaan pria berkepala plontos ini melonjak US$ 2,8 miliar atau Rp 35 triliun.

Jeff Bezos kini dilaporkan memiliki kekayaan total US$ 113,5 miliar atau Rp 1.418 triliun.

Besaran kekayaan Jeff Bezos ini jauh mengungguli dua miliarder dibawahnya yakni Bill Gates dan Warren Buffett.

Bos Microsoft tersebut berada di peringkat dua dengan kekayaan US$ 92,5 miliar, sementara pendiri Berkshire Hathaway Warren Buffett berada di posisi ketiga dengan US$ 92,3 miliar.

 

 

Sumber : liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*