Like Komentar Rasisme & Antisemitisme, Pengguna Facebook Ini Didenda Pengadilan

Posted by

CYBERSULUTdaily.COM – Media sosial kini menjadi sarana untuk mencurahkan segala hal. Namun pengguna perlu hati-hati dalam mengekspresikan diri melalui medsos.

Alih-alih hanya menunjukkan ekspresi yang terkesan biasa, pengguna bisa berurusan dengan pihak berwajib.

Seperti yang terjadi di Swiss, seorang pengguna Facebook me-like posting-an komentar netizen lainnya yang berbau penghinaan. Pengguna yang diketahui seorang pria itu kemudian didenda oleh pengadilan setempat akibat like pada komentar tersebut.

Komentar yang disukai oleh pria yang tak disebutkan namanya tersebut berisi ujaran rasisme dan antisemitisme. Komentar itu sebenarnya dibuat pada 2015.

Saat itu, terdapat diskusi yang sedang ramai di Facebook mengenai tuduhan kepada aktivis hak binatang bernama Erwin Kessler. Pria yang dijatuhi denda sebesar 4.000 Swiss Franc itu kemudian menyukai komentar-komentar di bawah unggahan tersebut.

Erwin Kessler yang merasa dituduh, kemudian melaporkan pria berusia 45 tahun tersebut dan menyeretnya ke pengadilan. Sialnya, pengadilan setempat mengabulkan tuntutan dari pelapor.

Menurut pihak pengadilan, meski komentar tersebut bukan berasal dari terdakwa, namun dengan mengklik tombol Like, pria tersebut telah ikut menudukung tuduhan itu. Sebab pada saat yang sama, orang tersebut telah menyebarkannya ke dalam daftar kontak Facebook-nya, sehingga membuatnya dapat diakses oleh sejumlah orang.

“Terdakwa dengan jelas mendukung konten yang tidak pantas dan membuatnya menjadi miliknya sendiri,” demikian pernyataan pengadilan tersebut yang dikutip dari The Guardian, Senin (5/6/2017).

 

 

 
(Sumber : okezone)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*