Komponen Masyarakat Sulut Diwajibkan Bela Negara

Posted by

 

Manado, CS Daily.com – Seluruh komponen masyarakat diantaranya Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI. Polri, akademisi dan masyarakat sipil diwajibkan membela negara.

Hal tersebut disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra, Edwin Silangen, saat membuka acara sosialisasi komponen cadangan dalam sishanta di lingkungan akademisi dan PNS di Manado, yang digelar Rabu (25/9) bertempat di ruang Huyula Kantor Gubernur Sulut.

“Guna menjamin tegaknya NKRI, seluruh komponen masyarakat harus menjadi titik sentral yang perlu dibina dan dikembangkan sebagai potensi bangsa dalam mengatasi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dari dalam maupun luar negeri. Kelangsungan hidup negara dapat dilakukan melalui bela negara dengan semangat nasionalisme. Saya berharap sosialisasi ini menjadi wujud upaya aktualisasi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, serta sebagia satu bentuk apresiasi terhadap pancasila,” terang Silangen.DSC_0400

Ditambahkan Silangen, saat ini terjadi pergeseran paradigma akibat perkembangan teknologi. Namun komponen bela negara harus tetap berdiri kokoh dan tampil terdpan untuk mengangkat jati diri bangsa. Bela negara juga merupakan pelopor dan penentu arah bangsa dan daerah.

“Untuk itu semua komponen harus berkolaboarsi dengan berbagai program pemerintah dalam menciptakan kebersamaan membela negara demi terwujudnya negara dan daerah yang damai dan sejahtera,” kuncinya.

Sementara itu, Direktur Komponen Cadangan Brigjen Budi Rahmat yang merupakan pejabat dari Kementerian Pertahanan mengatakan sosialisasi ini dilakukan untuk membangun hubungan dan sebagai wahana interaksi dalam menyatukan perspektif dalam bela negara. (hps)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*