Kerajaan Arab Bantah Raja Salman Segera Turun Tahta

Posted by

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al Saud/Istimewa

CSD – Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al Saud, dikabarkan akan segera turun tahta atau abdikasi. Pria berusia 81 tahun itu memilih untuk menyerahkan jabatannya kepada Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman dalam waktu dekat. Namun, kabar tersebut segera dibantah oleh pejabat Kerajaan Arab Saudi.

“Tidak ada kemungkinan apa pun bahwa raja akan turun tahta,” ujar pejabat yang namanya tidak diketahui itu, mengutip dari Straits Times, Minggu (12/11/2017).

Pejabat tersebut menambahkan, seorang Raja Arab Saudi bahkan biasanya tetap berkuasa meski kesehatannya menurun dan menghambat tugasnya. Ia mencontohkan Raja Fahd yang tetap duduk di kursi nomor satu hingga meninggal dunia pada 2005 meski mengalami sakit pada tahun-tahun terakhir.

Raja Salman dipastikan tidak akan melepaskan tahtanya karena memiliki kekuatan fisik dan mental yang sempurna. Pejabat tersebut justru menyebut pihak yang menyebarkan kabar abdikasi itu tidak paham akan tradisi dan budaya di Arab Saudi.

Sebagaimana diberitakan, Raja Salman bin Abdulaziz al Saud mengangkat putra sulungnya, Mohammed bin Salman sebagai Putra Mahkota pada Juni lalu. Dengan demikian, Raja Salman mencoret nama Pangeran Mohammed bin Nayef dari daftar penerus.

Pengangkatan Pangeran Mohammed bin Salman tersebut mendobrak tradisi pergantian kekuasaan yang sudah berlangsung sejak berdirinya Kerajaan Arab Saudi pada 1932. Seorang raja biasanya akan mengangkat saudara laki-lakinya sebagai penerus.

Sebagai contoh, Raja Salman bin Abdulaziz adalah saudara laki-laki dari mendiang Raja Abdullah bin Abdulaziz al Saud. Raja Salman naik tahta pada Januari 2015 untuk menggantikan kakaknya Raja Abdullah yang meninggal dunia. Raja Abdullah sendiri memegang tongkat estafet Kerajaan Arab Saudi dari saudara tirinya, Raja Fahd.

 

 

 

Sumber : okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*