Kenali Penyakit Yang Hanya Menyerang Wanita Saja

Posted by

 

CYBERSULUTdaily.COM – Seperti yang kamu ketahui, terdapat perbedaan psikologis dan fisiologis yang besar antara pria dan wanita. Sehingga potensi penyakit yang akan mengenai pria dan wanita pun berbeda.

Dilansir dari boldsky.com ada beberapa penyakit yang hanya menyerang tubuh wanita saja. Apa itu?

Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih atau yang juga dikenal dengan sebutan ISK terjadi saat saluran kemih wanita meradang dan terinfeksi bakteri. Selain membuat kencing terasa panas, ISK juga mengakibatkan nyeri pinggang yang begitu menyiksa. Wanita lebih rentan untuk terkena ISK daripada pria karena letak saluran kencing wanita dekat dengan anus sehingga membuat risiko pertukaran bakteri lebih besar.

Endometriosis

Endometriosis adalah penyakit atau gangguan rahim yang serius dimana jaringan asing akan melapisi rahim dan menyebabkan menstruasi tak normal atau nyeri perut di bagian bawah.

Depresi setelah melahirkan

Tak disangka bahwa kondisi setelah melahirkan bisa membuat wanita mengalami depresi. Hal ini muncul akibat stres atau perubahan hormon.

Kanker payudara

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling umum menyerang wanita dimana kanker ini ditandai dengan munculnya benjolan atau perubahan bentuk payudara.

Kanker rahim

Sesuai namanya, kanker rahim akan menyerang tubuh wanita dan menyebabkan gangguan seperti haid tidak teratur, kram, atau nyeri perut di bagian bawah.

Kanker ovarium

Kanker yang mempengaruhi ovarium atau indung telur ini akan menyebabkan munculnya kista di ovarium, membuat perut kembung, serta sakit perut.

Bakteri vaginosis

Bakteri vaginosis yang menyerang vagina akan membuat infeksi di vagina dan mengakibatkan vagina berbau busuk, gatal hingga keluarnya cairan abnormal.

Faktanya, para wanita terutama ibu rumah tangga seringkali mengabaikan gejala penyakit yang mereka rasakan. Padahal bisa jadi itu adalah awal mula dari munculnya penyakit berbahaya. Oleh karena itu segera periksakan kesehatan tubuhmu jika kamu merasa bahwa ada yang abnormal dengan tubuhmu.

 

 
(Sumber : merdeka.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*