Kapal Pesiar Mewah Pengusaha Resort Kalimantan Seharga Rp 2,5 Miliar Hangus Terbakar

Posted by

Foto : Istimewa

CSD – Kapal pesiar KM Pratasipa hangus terbakar di perairan Maratua, Berau, Kalimantan Timur. Peristiwa itu terjadi saat kapal mewah seharga Rp 2,5 miliar itu melepas jangkar di Teluk Harapan, Sabtu (3/3) pagi.

Saat kejadian, kapal hanya terdiri dari 4 orang ABK, yakni Aliluddin (45) sebagai kapten kapal, Irfan (20), Dede (21) dan Riski (17).

Usut punya usut, hangusnya kapal mewah itu karena ledakan tabung gas elpiji.

Sekira pukul 07.25 Wita, Riski yang memang sebelumnya tidur di dalam kapal pesiar itu, hendak memasak nasi dan menyalakan kompor gas di dalam kapal.

“Diduga, terjadi kesalahan pada tabung gas, sehingga terjadi ledakan,” kata Komandan Rayon Militer Maratua Kapten Inf Sarwono, Sabtu (3/3).

Api cepat menjalar ke body kapal dan sulit dipadamkan. Peristiwa itu membuat Riski kocar kacir dan menyelamatkan diri dengan lompat ke laut. Ia berenang hingga dermaga Lawang-lawang di kampung Teluk Harapan.

Sementara itu, Kapolres Berau AKBP Pramuja Sigit Wahono membeberkan ledakan elpiji terjadi akibat ketidak tepatan dalam pemasangan tabung gas.

“Jadi, ABK ini hendak memasak. Dia mengganti tabung elpiji dengan tabung baru. Dugaan kuat memang, saat proses penggantian tabung dan selang, ada yang kurang sesuai,” ujar Sigit.

“Jadi diduga karena ada kekurang hatian, ada yang kurang rapat dan ada gas yang keluar dari sela-sela selang dan tabung, begitu kompor dinyalakan api menjalar ke bodi kapal. ABK itu sempat menyelamatkan diri (lari ke belakang kapal dan melompat ke laut),” tambahnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, kerugian ditaksir Rp 2,5 miliar.

Kapal pesiar mewah itu diketahui milik pengusaha resort di kepulauan Maratua yang berdomisili di Tanjung Redeb, Berau.

 

 

 

Sumber : merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*