Ini Jawaban Para Ahli Mengapa Dinosaurus Berukuran Raksasa

Posted by

CSD – Ratusan juta tahun silam, kelompok hewan dinosaurus mendominasi muka bumi. Kebanyakan ukuran satwa purba ini raksasa. Namun, setelah punah, tidak ada lagi hewan yang berukuran jumbo.

Para ahli menemukan jawaban mengapa dinosaurus menjadi hewan purba berukuran raksasa ketimbang vertebrata di era modern. Menurut mereka, dinosaurus bukan hanya hewan terbesar yang pernah menjelajah bumi. Dinosaurus juga memiliki banyak spesies yang berukuran lebih besar ketimbang semua hewan bertulang belakang lain pada masanya.

Jawabannya: reptil purba ini tidak berebut dalam mencari makanan. Karena itu, kebutuhan makanan mereka berlimpah. Tubuh mereka beradaptasi dengan asupan makanan berlebih itu dan menjadi besar. Temuan mereka menjelaskan bagaimana kehidupan di bumi selama ada dinosaurus terlihat sangat berbeda. Proporsi hewan besar dan kecil pada zaman purba sangat berbeda dengan masa sekarang.

“Pada zaman purba, hanya ada sedikit hewan berukuran kecil,” kata David Hone dari Queen Mary, University of London, seperti dikutip dari laman Daily Mail. Dia dan rekannya, Eoin Gorman, membandingkan ukuran tulang femur 329 spesies dinosaurus yang berbeda dari catatan fosil.

Dalam dunia paleontologi, analisis dari panjang dan berat tulang femur adalah metode yang valid untuk memperkirakan massa tubuh dinosaurus. Hasil analisis inilah yang membawa Hone dan Gorman pada kesimpulan bahwa dinosaurus memiliki pola distribusi ukuran tubuh yang berlawanan dibanding spesies vertebrata lainnya.

Sebagai contoh, pada mamalia modern, cenderung dijumpai lebih sedikit spesies berukuran besar dibanding hewan yang lebih kecil. Misalnya, spesies gajah dibanding tikus. Namun dari catatan fosil ditunjukkan tren yang sebaliknya pada zaman dinosaurus masih hidup.

Hone mengatakan, kecenderungan untuk memiliki lebih banyak spesies bertubuh besar tampaknya berkembang cukup awal dalam evolusi dinosaurus, yang terjadi sekitar 225 juta tahun silam pada periode Triasik Akhir.

“Dinosaurus muda menempati relung ekologi yang berbeda ketimbang orang tua mereka sehingga tidak kompetitif memperebutkan makanan yang sama,” ujar dia. Dinosaurus muda cenderung memakan tumbuhan atau hewan yang lebih kecil.

 

 

 

Sumber : tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*