Gunung Satu-Satunya di Kota Manado

Posted by
Gunung Tumpa

Gunung Tumpa

Manado, CYBERSULUTdaily.COM – Gunung Tumpa, merupakan satu-satunya gunung di daratan kota Manado yang memiliki pesona dan pemandangan yang menarik. Terletak di bagian utara kota Manado. Ketinggiannya sekitar 615 meter dari atas permukaan laut. Puncaknya yang menjulang dan di sekelilingnya ditumbuhi pepohonan hijau tampak asri dan menarik.

Jalan menuju ke puncaknya cukup menguji adrenalin. Terdapat sejumlah tanjakan yang tinggi dan lembah-lembah yang curam, namun secara umum tidak berbahaya. Tubuh lelah dan air peluh yang keluar akan terbayar dengan rasa senang dan kagum jika telah sampai di puncaknya.

Lokasinya sangat strategis untuk menyaksikan pemandangan ke arah daratan dan laut kota Manado. Pusat kota Manado, deretan bangunan di kawasan Boulevard dan bukit-bukit yang memagari kota Manado di bagian tengah dan selatan tampak sangat indah.

Ke arah laut dari gunung yang indah ini, mata langsung tertuju ke pulau-pulau wisata di teluk Manado, yaitu Manado Tua, Bunaken, Siladen, Mantehage dan Nain. Semuanya tampak seperti terapung di atas air membentengi teluk Manado.

Di gunung Tumpa aktivitas wisata dapat dilakukan kapan saja. Tidak hanya pada waktu siang. Pada waktu pagi, sore dan malam hari pun bisa dilakukan. Waktu pagi hari merupakan lokasi yang baik untuk menyaksikan matahari terbit (sunrise). Pada sore hari merupakan lokasi yang menyenangkan menyaksikan matahari terbenam (sunset). Pada malam hari merupakan tempat yang wah menyaksikan panorama bulan purnama (full moon).

Di kawasan gunung yang ditetapkan sebagai hutan lindung ini terdapat bangunan bukit doa. Pada hari-hari tertentu, gunung Tumpa dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan wisata religi.

Lokasinya berada di Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken. Dapat ditempuh selama 60 menit dari Zero Point dengan mobil. (***CS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*