Gempa 6,1 SR Guncang Filipina

Posted by

Gempa besar 6,1 SR mengguncang Catanduanes, Filipina. USGS

CSD – Gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah timur Filipina, di Provinsi Bicol Catanduanes, Sabtu (5/5). Gempa itu terasa hingga ke Manila.

Dilansir dari Gulf News, Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Philvolcs) mencatat getaran terjadi sekitar pukul 2.19 sore waktu setempat. Dengan pusat gempa sekitar 69 kilometer barat laut Pandan, Catanduanes.

Meskipun tidak ada kerusakan besar yang diperkirakan terjadi di bangunan, penduduk setempat telah diperingatkan tentang adanya gempa susulan yang kemungkinan berkekuatan besar.

Gempa ini terjadi beberapa jam setelah Hawaii diguncang gempa berkekuatan 6,9 SR.

Gempa Hawaii tepat berada di selatan gunung berapi Kilauea yang memuntahkan aliran lava ke pemukiman hingga memaksa ratusan warga untuk mengungsi.

Survei Geologi AS (USGS) mengatakan gempa terkuat terjadi pada pukul 12.32 siang waktu setempat, dan mampu menyebabkan kerusakan besar.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan, pusat gempa berada di sisi selatan gunung berapi. Hal ini tidak menyebabkan tsunami meskipun itu menghasilkan perubahan permukaan laut di sekitar pulau hingga 15,7 inci.

 

 

 

Sumber : merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*