Facebook Siap Luncurkan Aloha dan Fiona

Posted by

CSD – Kabar mengenai rencana Facebook yang siap meluncurkan speaker pintar memang sudah terdengar sejak beberapa bulan lalu.

Kini, menurut laporan Digitimes, perusahaan ternyata akan merilis produk tersebut itu pada tahun ini.

Tak tanggung-tanggung, seperti dikutip dari BGR, Minggu (18/2/2018), raksasa media sosial itu akan meluncurkan dua model sekaligus. Perangkat ini juga disebut akan berbeda dari speaker kebanyakan karena dibekali layar.

Memiliki kode nama Aloha dan Fiona, kedua speaker akan hadir dengan layar sentuh berukuran 15 inci. Layar sentuh ini hadir karena speaker tersebut bakal mendukung sejumlah layanan Facebook, termasuk media sosial dan video chat.

Laporan menyebut Aloha akan menjadi perangkat yang lebih mumpuni. Tak hanya dibekali kemampuan pengenalan suara, speaker ini juga memiliki kemampuan pengenalan wajah.

Facebook disebut juga telah menyematkan lensa wide-angle di bagian depan untuk mengenali pengguna.

Perangkat yang akan dijual dengan nama Facebook Portal ini juga dibekali konten musik, mengingat perusahaan itu telah menjalin kerja sama dengan Sony dan Universal Music.

Digitimes melaporkan, perangkat ini akan mulai meluncur pada Juli 2018 ditambah sejumlah perangkat tambahan dalam beberapa tahun ke depan.

Awalnya, Facebook berencana untuk merilis kedua produk tersebut pada Mei 2018, tetapi terpaksa diundur karena diperlukan penyempurnaan dari sisi software dan kualitas akustik.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada informasi resmi seputar harga dari kedua produk itu. Sekadar informasi, perakitan produk ini dilakukan oleh Pegatron, sedangkan layar yang digunakan dipasok oleh LG Display.

Sekadar informasi, kabar mengenai speaker pintar Facebook sebenarnya sudah terdengar sejak pertengahan 2017.

Hingga menjelang peluncurannya yang disebut akan dilakukan tahun ini, tak ada perubahan informasi terkait spesifikasi dari speaker ini.

Speaker ini diproduksi oleh salah satu pabrikan iPhone asal Tiongkok, Pegatron. Perangkat ini dilengkapi layar sentuh buatan LG, dan didesain oleh Building 8, sebuah laboratorium rahasia perangkat keras Facebook.

Sayangnya, hingga kini belum dapat dipastikan seperti apa rencana Facebook terhadap perangkat ini. Namun, sejak beberapa tahun terakhir, perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu memang mulai merambah pengembangan perangkat keras (hardware).

Kendati jumlah pengguna Facebook terbilang sangat besar, laporan menyebut media sosial ini ternyata mulai kehilangan pesonanya.

Di tahun 2018 ini, setengah dari pengguna internet yang berusia 12-17 tahun diprediksi tidak tertarik memakai Facebook, demikian prediksi eMarketer yang dikutip TechRadar.

Untuk di Inggris sendiri, pengguna Facebook di negara itu akan berkurang 700.000 pengguna.

Penyebab berkurangnya para pengguna muda karena mereka lebih memilih menggunakan aplikasi seperti Snapchat dan Instagram.

 

 

 

Sumber : liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*