Demi Ibu, Anggota DPR RI Utusan Sulut Jadi Korban OTT KPK

Posted by

Adityah Anugrah Moha/Istimewa

CYBERSULUTDAILY.COM – Adityah Anugrah Moha, Anggota DPR RI utusan Partai Golkar Sulut terciduk Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK bersama Ketua Pengadilan Tinggi Manado, Sudiwardono pada Jumat malam, 6 Oktober 2017 di salah satu hotel di Jakarta Pusat.

OTT KPK terhadap “Wakil Rakyat” (Adityah) dan “Wakil Tuhan” (Sudiwardono) tersebut dengan dugaan kasus suap.

“Suap itu untuk memengaruhi putusan banding dan tidak melakukan penahanan atas mantan Bupati Bolaang Mongondow Marlina Moha Siahaan, ibunda Aditya,” kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu (7/10).

Diketahui, Marlina Moha divonis lima tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Manado, karena terbukti kasus korupsi Tunjangan Penghasilan Aparatur Pemerintah Desa (TPAPD) Bolmong tahun 2010.

Tak lama pasca vonis tersebut, Marlina Moha yang merupakan Mantan Bupati Bolmong dua periode ini melalui penasehat hukumnya, resmi membuat akta permintaan banding di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Manado.

Diduga, keputusan banding tersebut membuka celah bagi sang anak (Adityah) untuk melakukan negosiasi ‘Suap’ dengan Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Manado untuk mengamankan kasus ibunya tersebut.

Sebagaiman dibeberkan Laode, Aditya ingin mengamankan putusan banding terhadap vonis 5 tahun penjara yang dijatuhkan Pengadilan Negeri (PN) Manado kepada ibunya, Marlina Moha atas kasus korupsi.

“Untuk mempengaruhi putusan banding dan agar tidak ditahan,” kata Laode.

 

 

 

 

Penulis : Beriel.L

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*