Chaterine Cook Mendulang Sukses di Usia Muda Berkat Myyearbook.com

Posted by
Chaterine Cook/Istimewa

Chaterine Cook/Istimewa

 

CYBERSULUTdaily.COM – Muda, cantik dan pintar, adalah perpaduan yang menarik dari seorang Chaterine Cook. Di usia muda dia mampu mendulang sukses yang luar biasa berkat situs MyYearbook.com yang belum lama berselang telah bersalin nama menjadi MeetMe. Hanya dalam waktu enam tahun, ketika situs itu berselancar di dunia maya, Catherine berhasil mengantongi lebih dari US$ 100 juta.

Usia Catherine belum genap 15 tahun dan masih di duduk sekolah di Montgomery High School, saat dia melihat buku tahunan sekolahnya (year book) sangat tidak menarik. Dia benci dengan tampilan foto-foto yang tidak menarik dan aktratif.

Catherine mengungkapkan hal itu kepada kakaknya, David Cook. Keduanya memandangi buku tahunan itu. Mereka sepakat, buku tahunan itu hanya akan masuk laci dan tidak akan bisa mempertemukan banyak orang-orang baru.

Keduanya juga sepakat untuk membuat buku tahunan ini yang kemudian diaplikasikan ke dalam situs jejaring sosial yang mereka sebut MyYearbook.com. Dari rumah mereka, di Skillman, New Jersey, Amerika Serikat, situs ini pun diluncurkan. Hampir setiap malam, keduanya mengotak-atik komputer. “Selama enam tahun saya melakukannya di atas tempat tidur,” aku Catherine.

Tak lama kemudian, dia menemukan tim pengembang di Mumbai, India. “Sangat menarik, tetapi kami masih di SMA. Saya mengerjakan pekerjaan sekolah saya sepanjang hari, dan kemudian tetap bangun hingga jam 4 pagi demi membahas bersama pengembang dari India itu,” katanya.

Catherine menggabungkan MyYearbook.com dengan situs ad-supported bagi penggunanya. Situs ini menghadirkan beberapa fitur termasuk kuis. Ada berbagai fitur dalam situs itu yang membuatnya lebih kompleks daripada Facebook, paling tidak kemampuan untuk memilih dalam “leaderboard” popularitas.

Hanya dalam waktu enam tahun saja, situs itu menjadi sangat populer dan mampu menjaring 25 juta anak muda di Amerika menjadi anggotanya. Dia masuk ke dalam 25 situs paling dikunjungi, dan nilai perusahaannya sebesar US$ 20 juta.Di tahun 2006 situs ini menghasilkan uang US$ 4,1 juta.

Pengiklan besar seperti Disney dan ABC memanfaatkan MyYearbook.com sebagai media promosi mereka. Pada 2011, MyYearbook.com telah menjadi situs remaja terbaik dengan pengguna mencapai 32,7 juta orang berdasarkan temuan dari the online tracking company comScore.

Catherine sendiri mengaku tak puas, meski berhasil menjual MyYearbook.com senilai US$100 juta pada 20 Juli 2011. Sejak tahun 2012, nama MyYearbook.com diganti menjadi MeetMe. Perubahan nama ini dimaksudkan agar para pengguna bisa berteman dengan orang-orang baru dan tidak hanya bertemu dengan orang-orang yang pernah dikenal di masa lalu.

Lalu apa yang menjadi rahasia sukses keberhasilannya? Jawab Catherine, disebabkan oleh daya pikir dan kemauannya. Ketika dia menginginkan sesuatu, maka Catherine memikirkan dan melakukan tindakan nyata. “Saya berhenti berpikir ketika saya mulai melakukannya. Bertindak adalah hal yang paling tepat untuk mewujudkan pikiran kita,” katanya.

Saat masih muda, terang dia, adalah waktu paling tepat untuk memulai usaha, karena belum ada tanggung jawab yang harus didapuk seperti saat seseorang mencapai usia dewasa. “Jika Anda memiliki sebuah gagasan dan itu tidak berhasil, maka ubahlan sedikit gagasan tersebut dan itu akan melahirkan sesuatu yang berbeda, lalu gapailah kesuksesan Anda tersebut,” ujarnya.

Soal perubahan nama situsnya, Catherine yang awalnya berpromosi dengan kaos yang bertuliskan situsnya, mengatakan perubahan itu bertujuan agar para pengguna bisa berteman dengan orang-orang baru dan tidak hanya bertemu dengan orang-orang yang pernah dikenal di masa lalu. “Kami mempromosikan situs di sekolah, memakai t-shirt aneh keliling kampus.”

Bila sebelumnya, Catherine bekerja dari kamarnya, kini dia berkantor di sebuah gedung yang memiliki teknologi tinggi di kawasan perkantoran di New Hope, Pennsylvania. Dia bekerja lebih dari 25 jam per minggu untuk menghasilkan dan menguji gagasan-gagasan dalam meningkatkan situs dibantu oleh 100 karyawannya yang semuanya adalah anak muda.

Kesuksesan Catherine yang seringkali dibandingkan dengan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, mengaku MyYearbook.com awalnya menerima investasi yang sama sekali tak dia duga. “Ini terjadi begitu cepat. Satu menit, kami saling bertukar ide kemudian menerima investasi sebesar US$250 ribu,” ujar Catherine yang kini berusia 25 tahun dan mengemban ilmu di Georgetown University.(ic)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*