Catatan kecil Untuk OD-SK : ASA SULUT HEBAT DAN KINERJA “KABINET”.

Posted by

Taufik Tumbelaka

CSD – Dwi Tunggal Sulut, Olly Dondokambey – Steven Kandouw (OD-Sk), mengangkat jargon politik menarik yaitu SULUT HEBAT. Banyak orang suka, ini adalah tekad bagus karena secara sangat jelas menempatkan asa pencapaian membawa daerah menjadi lebih baik dari sisi pembangunan Sulawesi Utara.

Namun suka atau tidak suka, OD-SK dihadapi beberapa problema klasik yang harus diatasi secara khusus dalam upaya mewujudkan asa besar Sulut menjadi Hebat, salah satunya yang mendasar adalah kesiapan SDM Pemerintah provinsi (Pemprov) Sulut yang akan membantu mewujudkan Sulut Hebat.

Secara umum stock” SDM yang saat ini ada merupakan warisan dari Pemimpin sebelumnya yang kebetulan “berkuasa” selama satu dekade. Otomatis pola pikir dan cara kerja telah terbentuk secara alamiah sesuai “gaya” Kepemimpinan masa yang lalu yang sesuai Karakter dan latar belakang Sang Pemimpin serta sesuai tantangan zaman masa itu.

OD-SK berlatar belakang politisi yang meraih sukses dari sisi pencapaian mimpi politik. OD selain mendapat posisi strategis di DPR-RI juga berhasil meraih posisi bergengsi sebagai Bendahara Umum Parpol besar. Sedangkan SK meraih pencapaian sebagai Ketua DPRD Sulut.

Ini jelas memiliki perbedaan dengan Pemimpin sebelumnya yang seorang birokrat sukses bahkan berhasil duduk disinggasana sebagai orang nomor 1 di Inspektorat Kementrian Dalam Negeri, suatu jabatan berwibawa dan “mentereng”.

Dua sisi berbeda ini yang dihadapi para SDM Pemprov Sulut saat ini, masa 10 tahun secara psikologis telah menciptakan pola kerja yang biasanya menjelma dalam zona nyaman.
Menjelang masuk 2 tahun Sang Dwi Tunggal OD-SK memegang tampuk, masih sangat terasa “kabinet kerja” belum menyatu dengan gaya ala OD-SK, bahkan kesan terseok-seoknya sejumlah oknum Pejabat (dan itu tidak sedikit) dalam melangkah, masih tergambar jelas.

Reaksi kecepatan dan ketanggapan terhadap ide dan gagasan dari OD-SK yang seharusnya diantisipasi dengan improvisasi cerdas dan terukur, terlihat lemah.
Kepemimpinan OD-SK saat ini jelas menghadapi problem spesifik dimana tantangan zaman yang semakin sulit, ekspektasi masyarakat yang tinggi serta sekaligus semakin kritisnya masyarakat terhadap kinerja Pemerintah. Keberhasilan adalah interpretasi, pencapaian adalah persepsi. Dan ini musti dijawab dengan Kinerja Hebat.

Terkait itu, Asa besar mewujudkan Sulut Hebat hanya bisa tercapai melalui langkah besar yaitu menghadirkan “Kabinet” Dream Team yang derap langkahnya dapat sesuai dengan pencanangan target pencapaian OD-SK ditengah kuatnya problem spesifik diatas.

Selamat bekerja membangun Sulut Hebat.

 

 

Salam Hormat, Taufik Manuel Tumbelaka.

 

 

 

Editor : Beriel.L

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*