Besok, Benteng Moraya Jadi Tempat Perayaan HKMAN 2018

Posted by

Benteng Moraya Tondano. (Foto : Armando Logo)

CSD – Benteng Moraya Tondano Kabupaten Minahasa dipastikan akan jadi tempat Perayaan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara (HKMAN) 2018 dan ulang tahun Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) ke-19, Sabtu (17/3/2018) besok di Benteng Moraya Tondano.

Dipilihnya Benteng Moraya sebagai puncak acara HKMAN 2018 dan HUT AMAN ke-19, menurut Ketua AMAN Sulut Rivo Gosal karena merupakan tempat bersejarah, dimana waktu itu telah terjadi perang besar-besaran antara suku Minahasa dengan kolonial Belanda.

“Ada hal urgensi seperti waruga dan batu perbatasan mulai dihancurkan, bahkan banyak diantaranya adalah program Pemerintah sendiri. Sejauh ini sudah banyak yang dihancurkan, padahal di Sulut setiap kampung punya batu penanda. Karena itu dibalik kejadian tersebut salah satu yang berjuang adalah sekolah adat,” ujar Rivo dalam jumpa pers di Hotel Lion Manado, Jumat (15/3/2018).

“Jadi besok semua peserta Rakernas V AMAN dan anggota serta komunitas adat lokal akan terkumpul di lapangan Sam Ratulangi berjalan sekitar1,3 km menuju
menuju ke Benteng Moraya untuk merayakan HKMAN,” tukas.

Berdasarkan informasi, Kegiatan HKMAN 2018 dan HUT AMAN ke 18 bakal dihadiri Presiden RI Joko Widodo yang diwakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, serta Gubernur Sulut, Olly Dodokambey.

 

Penulis : Christy Lompoliuw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*