Barcelona Dilarang Perkenalkan Suarez ke Publik

Posted by
Istimewa

Istimewa

CYBERSULUTdaily.COM – Barcelona berhasil mendatangkan bomber Liverpool, Luis Suarez, di musim panas ini. Sayang, Suarez tidak dapat hadir dalam perkenalan resminya.

FIFA tak melarang proses transfer penyerang timnas Uruguay itu dari Liverpool, yang kabarnya bernilai 75 juta Poundsterling (1,45 triliun Rupiah). Meski demikian, FIFA melarang Barcelona menghadirkan sang penyerang dalam perkenalan pemain baru terebut ke publik dan penggemar Barcelona.

FIFA melarang Suarez beraktivitas di dunia sepak bola selama empat bulan akibat menggigit bek timnas Italia, Giorgio Chiellini, di Piala Dunia 2014. Prosesi perkenalan pemain berusia 27 tahun itu dianggap sebagai bagian dari aktivitas di dunia sepak bola.

Hal ini tentu sedikit merugikan Barca secara finansial. Acuannya, saat Barcelona memperkenalkan Neymar sebagai pemain baru di Camp Nou bulan Juni 2013, sekitar 90 ribu penonton memadati stadion.

“Larangan itu berkaitan dengan semua aktivitas yang berhubungan dengan sepak bola. Ia tidak bisa berada dalam sebuah acara publik yang berhubungan dengan sepak bola terlepas dari tempatnya. Ia bahkan tidak bisa terlibat dalam acara amal yang berhubungan dengan sepak bola,” kata kepala media FIFA, Delia Fischer, dikutip dari The Guardian.

Ini artinya, Suarez juga tak bisa memperkuat Barca di pertandingan apapun hingga hukuman tersebut selesai.

Mengenai hukumannya, Suarez telah mengajukan banding atas larangan selama empat bulan beraktifitas di dunia sepak bola, ditambah tidak boleh tampil dalam sembilan pertandingan internasional dan denda sebesar 66 ribu pounds (1,3 miliar Rupiah), namun FIFA menolaknya.

Permintaan maaf yang telah diucapkannya secara resmi atas kejadian tersebut juga tidak sanggup mengubah pendirian badan sepak bola dunia tersebut.

FIFA dengan tegas memberikan hukuman ini karena melihat tidak adanya penyesalan dari sang pemain.

Ini adalah ketigakalinya pemain binaan Ajax Amsterdam itu melakukan tindakan serupa. Korban pertamanya adalah Ottman Bakal. Pemain asal PSV Eindhoven itu menjadi korbannya sewaktu masih bermain di Ajax. Pindah ke Liverpool, giliran pemain Chelsea, Branislav Ivanovic yang menjadi korban berikutnya.(ic)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*