Ayah Yang Memiliki Percaya Diri Tinggi Berdampak Positif Pada Anak

Posted by

CYBERSULUTdaily.COM – Pria dikenal sebagai sosok yang tangguh. Tetapi lain halnya jika mereka dihadapkan pada situasi mengurus anak. Pekerjaan domestik biasanya bukan jadi keahlian mereka.

Akan tetapi sebenarnya bila pria memiliki kepercayaan diri yang tinggi dengan perannya sebagai orang tua, maka ini juga akan berdampak positif pada si anak.

Hal ini diungkap penelitian terbaru dari Oxford University selepas menganalisis data dari Avon Longitudinal Study of Parents and Children di Inggris, melibatkan 10.440 partisipan yang tinggal bersama anaknya di usia 8 bulan.

Mereka diminta mengisi kuesioner untuk mengungkap aspek-aspek seperti pola asuh, berapa lama waktu yang dihabiskan untuk mengurus anak dan kaitannya dengan kesehatan mental anak-anak, berikut perkembangan perilaku mereka.

“Kami lihat keterlibatan mereka, apakah para ayah memiliki ikatan yang kuat dengan anak-anaknya, dan apakah menjadi orang tua mendekatkan mereka dengan pasangannya,” terang peneliti.

Pengisian kuesioner juga diulang lagi saat anak menginjak usia 9 dan 11 tahun. Hasilnya, pria yang memiliki kedekatan emosional dengan anak karena terlibat langsung dalam mengurus buah hatinya berpeluang kecil untuk membesarkan anak-anak dengan masalah perilaku.

“Peluang mereka untuk membesarkan anak dengan masalah perilaku mencapai 28 persen lebih kecil dibanding ayah yang memiliki total skor dari indikatornya tadi lebih rendah,” urai peneliti seperti dilaporkan jurnal BMJ Open dan dikutip dari BBC, Selasa (6/12/2016).

Tak hanya itu, pria yang terlibat penuh dalam mengasuh anak juga memberikan dukungan emosional yang kuat pada istri-istri mereka yang selama ini lebih banyak terlibat dalam urusan ini.

 

 

 

(Sumber : detikhealth)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*