Awas, Sering Foto ‘Peace’ Berbahaya Untuk Keamanan dan Keselamatan Anda

Posted by

Ilustrasi

CSD – Saat seseorang berpose untuk diambil foto, banyak sekali orang yang senang atau refleks menggunakan tanda peace. Tidak hanya masyarakat umum, selebritas banyak yang menggunakan tanda peace.

Meskipun umum digunakan, pose tersebut ternyata berbahaya untuk keamanan dan keselamatan Anda. Sebab, dengan perkembangan teknologi saat ini, seseorang atau kelompok tidak bertanggung jawab bisa saja memanfaatkan foto yang Anda unggah di media sosial untuk kepentingan pribadi.

Research dari Japan’s National Institute of Informatics (NII) menemukan bahwa sidik jari dapat disalin dengan mudah dari foto kita di telepon pintar. Jika foto diambil dari jarak sampai 3 meter, peretas bisa mengambil sidik jari dan menggunakannya untuk mengakses privasi Anda, dari akun bank, gawai, sampai berkas-berkas dalam komputer pun bisa disadap dan dimanfaatkan oleh peretas. Menurut salah satu peneliti NII, Isao Echizen, data sidik jari dapat dibuat ulang jika gambar fotonya fokus dan terang.

Menurut Robert Capss dari NuData Security, kita bisa meninggalkan data biometri fisik dengan mudah di berbagai tempat, seperti benda yang kita sentuh, foto dari media sosial, dan video dengan teman atau keluarga. Informasi sidik jari akhirnya bisa mudah terlacak dan dimanfaatkan oleh penipu. Ia melanjutkan, sekalinya data biometri dicuri dan diperjualbelikan maupun digunakan untuk kepentingan pribadi, risiko penyadapan akan semakin tinggi, dan akan menghantui Anda seumur hidup.

The National Institute of Informatics saat ini sedang mengembangkan sebuah alat yang dapat menyembunyikan sidik jari untuk mengatasi permasalahan ini. Tapi, penelitian ini baru bisa digunakan beberapa tahun lagi. Karena itu, Anda sepertinya harus menemukan pose foto lainnya sampai teknologi tersebut diluncurkan.

 

 

Sumber : tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*