Awas, Makanan Ini Bisa Menjadi Racun Jika Dipanaskan

Posted by

Ilustrasi

CSD – Saat malas memasak, kebanyakan orang memilih menghangatkan kembali makanan yang masih ada. Sayangnya, hal ini ternyata tidak benar-benar aman. Beberapa makanan yang dihangatkan lalu dikonsumsi bisa memberikan efek buruk bagi tubuh dan menjadi racun.

Penelitian menunjukkan bahwa memanaskan kembali beberapa makanan dapat membahayakan kesehatan, terutama jika tidak disimpan dengan benar sebelumnya, seperti dilansir dari laman Womans Day, sabtu (9/12/2017).

1. Jamur

Secara umum, jamur harus dimakan dan segera dihabiskan setelah dimasak. Jika Anda menghangatkannya, hal ini bisa menyebabkan vitaminnya akan hilang. Tak hanya itu, protein dalam jamur juga akan berubah jadi racun jika dimasak lagi. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan sakit perut.

2. Telur

Mengonsumsi telur yang dihangatkan juga bisa menjadi racun bagi tubuh. Hal ini bisa mendatangkan malapetaka dalam sistem pencernaan Anda. Sebaiknya, Anda menyiapkan telur sebelum dikonsumsi dan segera menghabiskannya setelah Anda masak.

3. Kentang

Jika dibiarkan dalam waktu lama, suhu hangat dapat mendorong pertumbuhan botulisme, yaitu bakteri langka pada kentang. Botulisme tidak dapat terbunuh meski dipanaskan di microwave, jadi sebaiknya jangan hangatkan kembali kentang yang sudah Anda masak sejak pagi.

4. Nasi

Tehnik yang Anda gunakan untuk menyimpan makanan sebelum pemanasan bisa menimbulkan masalah. Menurut Food Standards Agency, beras mentah dapat mengandung spora bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Saat nasi matang, spora dapat bertahan. Kemudian, jika nasi disimpan pada suhu kamar, spora akan berkembang dan berlipat ganda. Hal ini bisa menghasilkan racun yang menyebabkan muntah atau diare. Pemanasan kembali nasi tidak akan menyingkirkan racun-racun ini.

5. Ayam

Komposisi protein dalam ayam bisa berubah jika dipanaskan untuk kedua kalinya. Imbasnya, hal ini dapat menyebabkan masalah pencernaan. Namun jika Anda lebih suka memanaskan kembali daging Anda, pastikan benar-benar matang untuk meminimalisir risiko sakit perut tersebut.

6. Bayam

Panas dapat menyebabkan kandungan nitrat dalam sayuran ini menjadi racun. Selain itu, saat dipanaskan, sayur bayam melepaskan sifat karsinogenik. Jadi sebaiknya hindari memanaskan sayuran berdaun hijau seperti bayam.

 

 

 

 

Sumber : Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*