Ambreen Sadiq, Perempuan Muslim Pertama Asal Inggris Yang Memilih Menjadi Petinju

Posted by

csd

CYBERSULUTdaily.COM – Melihat parasnya yang cantik, Ambreen Sadiq mungkin lebih pantas menjadi model. Tapi perempuan 20 tahun itu kini sedang bersedih karena orang tuanya tidak setuju ia menjadi seorang petinju.

Ambreen adalah perempuan muslim pertama asal Inggris yang memilih menjadi seorang petinju. Sama seperti profesinya kisah perjalanan hidup Ambreen pun keras dan penuh tantangan. Keluarga yang seharusnya memberi dukungan justru berbalik mengolok-ngolok Ambreen karena olahraganya itu.FT Weekend Magazine, Ambreen Sadiq

Ambreen yang pernah menjuarai kejuaraan tinju nasional memilih tinju ketika usianya masih remaja. Olahraga keras ini menjadi pilihannya lantaran saat itu ia sering menerima intimidasi yang bersifat rasis.

Tinju menjadi caranya untuk melepaskan emosi dan bahkan kemarahannya ketika mendapat perlakukan buruk.

Meski tinju membuat dirinya lebih tenang, tinju justru membuat perempuan asal Keighley, Yorshire ini menerima lebih banyak pandangan negatif dan juga bullying.

Apalagi keluarga yang seharusnya memberi dukungan justru ikut memandang negatif atas olahraga pilihannya itu.

“Keluarga saya ayah adalah Muslim Pakistan dan mereka sangat taat dalam komunitas mereka. Mereka berkata pada saya “Anda membuat malu budaya kita” karena aku seorang gadis muslim asia. Jika saya masih kecil itu tidak masalah,” kata dia kepada Radhika Sanghani dari Telegraph.

Dia mengatakan meski keluarganya tidak menganut cara berpakaian muslim tapi baju tinju menurut mereka adalah bertentangan dengan pakaian tradisional bangsa mereka

“Saya katakan kepada mereka, aku tidak akan tampil seksi-itu seragam. Aku bahkan bertanya (Asosiasi Tinju Amatir) untuk mengubahnya dan biarkan aku memakai celana olahraga. Tapi mereka mengatakan tidak. Saya telah mencoba untuk mengubahnya,” katanya dilansir dari dailymail, Jumat (22/8/2014).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*