4 Pekerjaan Ini Cocok Untuk Tipe Orang Introvert

Posted by

CSD – Orang pendiam cenderung susah bergaul dengan banyak teman dan mereka lebih suka menyendiri. Dalam kehidupan sosial, orang pendiam akan lebih selektif dan jarang sekali melakukan interaksi dengan lingkungan sekitarnya.

Sikap seperti ini biasa disebut dalam istilah psikologi dengan introvert. Orang yang mempunyai banyak peluang bukan saja orang yang terbuka, walaupun memang peluang akan banyak datang kepada orang yang lebih terbuka dan lebih banyak mempunyai teman.

Karena teman adalah investasi untuk relasi, ada hal-hal positif yang terkadang dimiliki oleh orang pendiam. Mereka biasanya memiliki sebuah kemampuan atau skill yang terkadang terpendam.

Dalam era digital saat ini, media sosial sudah mulai menjadi bagian dari banyak orang untuk berinteraksi satu dengan yang lainnya, generasi milenial adalah generasi yang lebih cenderung melakukan interaksi sosial melalui media sosial tersebut.

Melalui media sosial kita tidak perlu berinteraksi secara langsung, bahkan secara emosionalpun kita terkadang tidak akan terhubung secara langsung. Ada beberapa peluang yang bisa didapatkan bagi kita yang merasa adalah termasuk dari orang yang pendiam, seperti dikutip dari laman www.cermati.com, Senin (16/10/2017):

1. Freelance di Dunia Maya

Menjadi orang yang pendiam tentunya akan merasa nyaman dengan aktivitas mandiri dan sendiri tidak terlalu banyak bekerja dengan banyak orang.

Untuk orang yang mempunyai sifat seperti ini, pekerjaan lepas di dunia maya sangatlah cocok bagi mereka. Bagi kita yang merasa sebagai pendiam, freelance di dunia maya banyak memberikan peluang bagi kita.

Profesi ini tidak akan langsung berinteraksi dengan orang yang akan memperkerjakan kita. Kita hanya perlu berkomunikasi melalui pesan singkat atau percakapan melalui aplikasi percakapan online. Tidak bisa diremehkan, pekerjaan seperti ini juga banyak membuahkan hasil yang tidak sedikit.

Banyak ragam dari pekerjaan lepas di internet. Mulai dari pekerjaan yang menyangkut informasi dan teknologi, fotografi, makanan, menulis , desain grafis, dan masih banyak lagi. Kita juga bisa menjadi anggota salah satu website yang menyediakan lowongan khusus untuk pegawai lepas.

2. Fotografer

Menjadi seorang juru foto atau fotografer adalah profesi yang cocok juga untuk orang-orang dengan kepribadian introvert. Dengan kecanggihan teknologi dan revolusi digital di dunia fotografi, tentunya bukan sesuatu yang sulit untuk mempelajari fotografi. Kita dapat dengan cepat belajar untuk menguasai teknik-teknik fotografi.

Profesi ini diyakini sangat cocok untuk orang yang pendiam karena tidak terlalu banyak berinteraksi dengan banyak orang. Selain itu, profesi ini juga dapat mendapatkan keuntungan apabila karyanya dijual di dunia maya. Fotografer juga merupakan profesi yang perlu dipertimbangkan bagi kita yang merasa diri kita pendiam.

Banyak juga situs di dunia maya yang menawarkan sistem royalti bagi para fotografer yang mengambil gambar dan mengunggahnya di website tersebut. Apabila ada pengunjung yang berminat dan berniat untuk mengunduhnya, fotografer akan mendapatkan semacam keuntungan dari pembelian tersebut.

3. Tutor Online

Membagikan informasi atau membagikan skill yang kita miliki adalah sesuatu yang mulia. Selain mulia, kemampuan seperti ini juga dapat mendatangkan uang.

Kita dapat membuat tutorial seputar ilmu atau pengetahuan yang kita pahami melalui dunia maya. Dewasa ini, banyak orang menjual tutorial dan membagikan hasil dari pengalaman dan pengetahuan mereka melalui internet.

Manfaatkan teknologi tersebut untuk menjual tutorial yang sudah kita buat. Profesi ini sangat cocok bagi orang pendiam karena, walaupun sebagai tutor, namun kita tidak perlu secara langsung bertemu dengan banyak orang tersebut. Jadi, sangat cocok apabila ditekuni oleh orang dengan karakter pendiam.

4. Guru Musik

Salah satu profesi yang juga cocok untuk digeluti orang dengan sifat pendiam adalah menjadi guru musik. Dengan menjadi guru musik, orang yang pendiam cenderung akan menyalurkan bakat dan emosionalnya melalui musik atau lagu yang mereka ciptakan atau mainkan.

Guru musik juga sangat cocok untuk orang pendiam karena biasanya untuk memberi kelas musik, jumlah dari anak di kelas tersebut tidak akan terlalu banyak. Oleh karena itu, menjadi guru musik sangat cocok untuk pendiam yang cenderung suka berinteraksi dengan sedikit orang saja.

 

 

 

Sumber : liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*